News
Loading...

Membuat Plastik Sekuat Baja

Apakah mungkin kantong-plastik jenis yang Anda memuat buah-buahan dan sayuran ke dalam di supermarket benar benar menjadi sekuat baja? Ini bisa terjadi jika, itu terbuat dari plastik komposit baru yang memadukan kekuatan nanopartikel dengan sifat lembut dari polimer larut dalam air.
Meskipun bukan rahasia bahwa nanotube, nanosheets dan nanorods yang sangat kuat ketika digabungkan dalam jumlah kecil, bahan lebih besar terbuat dari blok-blok bangunan mikroskopis tidak dapat memanfaatkan banyak kekuatan yang karena hubungan antara mereka adalah lemah. Tapi University of Michigan di Ann Arbor peneliti melaporkan dalam Ilmu bahwa mereka telah menemukan cara untuk skala kekuatan Nanomaterials untuk bahan yang lebih besar dengan mentransfer stres antara nanosheets dan polimer nano yang menyerupai lem putih. Visual, ini tampak seperti dinding bata, di mana tanah liat nanosheet "batu bata" yang diselenggarakan bersama oleh air-larut alkohol polivinil "mortir." Hasilnya, menurut peneliti, adalah plastik komposit yang ringan dan transparan, tetapi seperti baja yang kuat.
"Jika Anda mengambil bahan nano individual, mengatakan satu karbon tabung atau satu lembar tanah liat, sifat mekanik mereka akan mengagumkan," kata UM Nicholas Kotov profesor teknik, co-penulis studi tersebut. Cukup menggabungkan volume besar dari tanah liat, nanosize trombosit menjadi satu blok kontinu, bagaimanapun, hasil dalam bahan chalklike rapuh penuh dengan retak.
Para peneliti menciptakan sebuah strip dari materi yang jelas setebal lembaran plastik dengan menggunakan lengan robot untuk seragam campuran jutaan trombosit liat persegi 100 nanometer di setiap sisi dan satu nanometer tebal (satu nanometer sama dengan 3,94 x 10-8 inci) dengan polimer yang sama digunakan dalam lem Elmer. Para robot lengan dibuat bahan baru ini dengan mencelupkan sepotong kaca seukuran permen karet secara bergantian ke dalam larutan polimer gluelike dan kemudian ke cairan yang merupakan dispersi nanosheets tanah liat. Hasil yang terdiri dari 300 lapisan akhir dari Nanomaterials dicampur dan polimer adalah model yang ditemukan di lapisan kerang dan kerang tiram."Materi yang struktur teladan di mana kita telah mencapai mentransfer hampir ideal dari sifat mekanik skala nano ke macro ," kata Paul Podsiadlo, seorang kandidat doktor di College UM yang dibantu dengan penelitian. "Jika kita lebih lanjut dapat mencapai hal yang sama dengan Nanomaterials lain maka kita akan dapat membuat komposit ringan yang akan melebihi sifat dari baja jauh."
Struktur batu bata dan mortir memungkinkan lapisan untuk membentuk ikatan hidrogen, yang menimbulkan Kotov atau disebut "efek Velcro" salah satu alasan bahan yang sangat kuat. Obligasi tersebut, jika rusak, bisa reformasi mudah di tempat baru. Kotov adalah mengembangkan metode untuk menerapkan komposit dalam pengembangan sistem microelectromechanical (MEMS) dan perangkat, serta perangkat mikrofluida untuk aktuasi katup dan manufaktur. Selain menggunakan militer, meningkatkan daktilitas dari plastik nanoinfused para peneliti 'bisa membantu dalam pengembangan mobil penyok dan anti gores dan kaca depan.
Share on Google Plus

About Mukhamad Aziz

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

Tinggalkan Sebuah Komentar Anda