News
Loading...

KESMA : Ultrasonic Test Training and Competition 2011

Dalam dunia material dan metalurgi pastilah terdapat kegiatan inspeksi.Inspeksi itu sendiri adalah  kegiatan operasional untuk memeriksa keadaan kualitas pada material .Oleh karena itu sebagai mahasiswa ,kita harus mengetahui segala mekanisme maupun standar yang berlaku untuk inspeksi itu sendiri.
Mahasiwa Jurusan teknik material dan metalurgi FTI-ITS mendapatkanpemahaman yang sangat luas dalam bidang material dari pendidikan semasa kuliah.Akan tetapi sangat dibutuhkan suatu pengetahuan yang lebih khususnya aplikasi dalam hal ini inspeksi secara langsung.Pengamatan dan contoh kasus langsung dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa.Oleh karena itu perlu diadakan kegiatan  ULTRASONIC TEST TRAINING AND COMPETITION 2011 ini.
Kemudian dengan mengikuti kegiatan ini,mahasiswa Jurusan Teknik Material dan Metalurgi  FTI-ITS diharapkan mendapatkan ilmu mengenai inspeksi di bidang material dan metalurgi sehingga menentukan pilihan karir di masa depan.
Oleh karena itu, KESMA HMMT FTI-ITS  mengadakan Ultrasonic Test Training and Competition 2011 yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Jadwal Ultrasonic Test Training and Competition 2011

Pendaftaran dibuka sampai tanggal 2 september 2011(bisa daftar di mading jurusan)
Tanggal pelaksanaan
Kegiatan “Ultrasonic Test Training and Competition 2011”
- Oktober 2011
Test penjaringan peserta pelatihan “Ultrasonic Test Training and Competition 2011
- Oktober 2011
Pelatihan “Ultrasonic Test Training and Competition 2011
- Oktober 2011
Kompetisi “Ultrasonic Test Training and Competition 2011
(maaf karena ada kesalahan teknis,jadi pelatihannya diundur,tanggal menyusul)
Tempat : Jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS
CP :Mukhamad Aziz  (085731899821)
*Untuk mahasiswa angkatan 2008,2009,2010 Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS (matrice only)

Semoga dengan pelatihan ini pengetahuan kita akan bertambah luas tentang Inspeksi
IKUTILAH PELATIHAN INI
Semoga bermanfaat.....

NEXTT,,

Berikut ini gue akan menjelaskan tentang ultrasonic test......
Pada dasarnya pengujian material dibagi menjadi dua,yaitu DT dan NDT.Tahukah loe apa itu DT dan NDT?...Baik gue jelasin.DT adalah Destructive Testing yang artinya pengujian suatu material dengan merusak material yang akan di-tes.Seperti uji impact, uji kekerasan and so on.Nah,kalau NDT adalah Non Destructive Testing yang artinya pengujian suatu material tanpa merusak material yang akan di-tes.Seperti Ultrasonic test,Liquid Penetrant Test, Eddy Current Test (Tes NDT menggunakan Arus Eddy) ,Radiography test (Tes menggunakan sinar radioaktif)
 Inspeksi ultarasonik adalah salah satu metode uji tak rusak (NDT) dimana gelombang suara dengan frekuensi tinggi dilewatkan pada material untuk mendeteksi cacat di permukaan dan di bawah permukaan (subsurface) material. Ultrasonic adalah gelombang suara dengan frekuensi 0.1 s/d 25 Mhz, frekuensi ini jauh di atas daerah pendengaran manusia.
Inspeksi Ultrasonik merupakan suatu metode NDT yang sangat sensitif untuk menginspeksi part part yang terbuat dari metal, non metal, dan non magnetik. Dengan metoda ultrasonik ini, dapat diketahu/disetimasi letak dan ukuran cacat yang kecil walaupun hanya dengan satu sisi permukaan part yang dapat diakses. Kseusksesan dari suatu inspeksi ultarasonik sangat tergantung pada kondisi permukaan subjek, ukuran butir dan arah butir, dan impedansi magnetik.
Inspeksi ultrasonik menggunakan energi akustik pada frekuensi yang tinggi. Energi tersebut diarahkan langsung ke spesimen yang akan diuji dan jumlah energi yang direfleksikan  atau ditransmisikan oleh spesimen dimonitor sehingga dapat diindikasikan kondisi dari spesimen yang diuji tersebut.


      Gambar nenunjukan inspeksi di lapangan 


Ultrasonik beroperasi dengan dari gelombang suara yang ditransmisikan dan dipantulkan. Suatu gelombang ultrasonik berjalan dari satu medium ke medium lain haus melewati suatu permukaan atau lapisan batas. Pada permukaan ini, sebagian energi akustik dipantulkan kembali dan sisanya diserap. Jumlah dari energi yang dipantulkan tergantung dari ketidak samaan kedua media. Karena  sifat akustik udara sangat jauh berbeda denga logam, retak dan rongga memberikan persentasi refleksi yang lebih tinggi.
Inspeksi ultrasonic adalah salah satu metode NDT yang paling banyak digunakan untuk mendeteksi cacat internal, cacat di permukaan, untuk menentukan karaktersitik perekatan (bond characteristic), juga untuk mengukur ketebalan dan lebar korosi. Pada metoda ultrasonic ini biasanya juga digunakan couplant yaitu cairan yang berguna sebagai medium perambatan yang baik dari transducer ultrasonic dengan benda yang akan diuji. Hal ini dilakukan karena gelombang suara yang dihasilkan mempunyai sifat perambatan  yang kurang baik diudara.


                                     Tampilan dilayar ketika material di-test UT
Metoda ultrasonic memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, sebagai berikut:

Kelebihan metoda ultrasonic
Kekurangan metoda ultrasonic

Mempunyai kekuatan penetrasi yang tinggi sehingga bisa digunakan pada material dengan ketebalan samapi 6 meter.
Pengoperasian secara manual harus dilakukan  oleh teknisi yang berpengalaman

Memiliki sensitivitas tinggi, sehingga bisa mendeteksi cacat yang sangat kecil

Pengetahuan taknik yang baik dibutuhkan untuk mengembangkan prosedur inspeksi

Memiliki akurasi yang lebih baik dari metode NDT lainnya dalam menentukan posisi, orientasi ukuran, dan bentuk cacat internal
Bagian yang tidak rata, ketidakteraturan bentuk, komponen yang sangat kecil atau sangat tipis, atau yang tidak homogen sulit diinspeksi

Hanya membutuhkan satu permukaan yang dapat diakses
Dibutuhkan couplant antara transducer ultrasonic dengan bagian yang sedang diinspeksi

Tidak berbahaya bagi operator dan orang di sekitarnya

Bersifat portable

Outputnya bisa diproses dengan computer untuk mengetahui karakteristik cacat dan untuk menentukan sifat sifat material.



Share on Google Plus

About Mukhamad Aziz

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. MTM ITS membuka kesempatan bagi siapa saja yang memiliki artikel ilmiah, profil ilmuan, hasil penelitian, skripsi dan informasi penting lainnya yang berhubungan dengan sains dan matematika untuk mengirim ke artikel tersebut ke email penulis di mukhamad_aziz@yahoo.com

    Beberapa artikel yang layak akan ditampilkan penulis di blog ini dengan menyertakan nama pengirim artikelnya, keilmiahan artikel, dan hak cipta lainnya. Kemudian artikel tersebut akan disebarkan melalui berbagai media.

    alamat blog di http://material12-its.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. semoga aq bs ikut inspeksi.. amin

    BalasHapus

Tinggalkan Sebuah Komentar Anda